Home » , » 4 Cara Sederhana Menghadapi Masalah Hidup

4 Cara Sederhana Menghadapi Masalah Hidup

4 Tips Menghadapi Masalah Hidup secara ISLAM
Pernahkah anda menghadapi satu masalah hidup yang sangat rumit dan menyesakkan dada hingga menusuk ke hati? Jawabannya pasti pernah! Ya, setiap manusia tidak mungkin hidupnya lempeng atau lurus aja seperti jalan tol. Pasti akan ada bebatuan kecil yang menghadang. Dan kita sebagai manusia tidak dapat menghindarinya, tetapi kita diberi kemampuan untuk menghadapinya.

Firman Allah لا يكلف الله نفساً إلا وسعها, bahwa "Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya". (Al-Baqarah: 286)

Ayat diatas menjelasan bahwa setiap manusia diberikan cobaan yang berbeda-beda sesuai dengan kapasitas, yang tentunya hanya Allah SWT yang mengetahui batasannya.

Berikut ini 4 Cara Sederhana Menghadapi Masalah Hidup, yang insyaAllah dapat membantu :

1. Simpan dan tanamkan di hati kita QS.Al-Baqarah ayat 286, "Allah tidak membebani sesorang diluar kemampuannya..."
Hal ini penting karena kita umat Islam tahu bahwa janji Allah SWT itu pasti! Tidak ada keraguan akan hal itu.

2. Hadapi masalah dengan ikhlas.
Setiap cobaan yang diberikan pasti memiliki tujuan tertentu. Dan tentunya itu demi kebaikan manusia itu sendiri. Cobaan adalah anugerah dari Allah SWT. Karena dimana lagi kita harus belajar tentang arti kehidupan kecuali dari Allah yang menciptakan seluruh kehidupan?

3. Jangan melihat masalah sebagai sesuatu yang negatif, positif thinking aja!
Masalah yang kita dihadapi sebenarnya merupakan sebuah peluang. Ya, suatu peluang untuk meningkatkan keupayaan diri kita dalam menghadapi rintangan serta sebagai suatu indikator untuk dimana kita memfokuskan perhatian kita.
Oleh karena itu hadapilah masalah ini secara tenang dan tanpa ragu sedikitpun kepada Allah. Di saat kita mencari solusi dalam menyelesaikan masalah, di saat itulah sebuah proses pendewasaan hidup akan bermula.

4. Bersabar
Setelah kita melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah, yang kita harus lakukan selanjutnya adalah bersabar. Serahkan semuanya kepada Allah SWT. Kita back to Shalat, kita ngaji, kita sempurnakan ibadah, kita doa kepada Allah, kita minta solusi yang terbaik dariNya. Karena janji Allah SWT adalah kabar gembira bagi orang-orang yang bersabar.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 155).

4 Tips Menghadapi Masalah Hidup secara ISLAM

Jadi tidak usah bersedih, apalagi putus asa. Biarlah masalah mewarnai hidup kita, apa pun dan sebesar apa pun. Semua itu pasti akan sirna seiring kita memohon solusi kepada Allah dengan tetap melakukan apa yang diperintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Karena jika Allah sudah berjanji, mustahil Allah tidak menepatinya, yakinlah!

0 komentar:

Posting Komentar