Home » , » 9 Manfaat PARE dan efek sampingnya

9 Manfaat PARE dan efek sampingnya

9 Manfaat Pare dan efek sampingnya
Manfaat Pare untuk Kesehatan

Pare memiliki efek menurunkan panas, memperkuat fungsi ginjal, limpa, dan hati, pengobatan penyakit disentri, tukak, demam, heatstroke, keringat berlebihan, radang selaput mata, susah buang air kecil, dan lainnya. Namun, bagi yang mempunyai kelainan limfa dan lambung, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sayuran ini.

Manfaat Pare untuk Melancarkan ASI

Pare dapat membuat ASI menjadi lebih kental sehingga bayi menjadi cepat kenyang.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan membuat jus pare. Minum setiap hari pada pagi atau malam hari. Untuk menambah rasa dan khasiatnya, bisa dicampur dengan jus melon.

Anda bisa juga menjadikan pare sebagai lauk atau lalapan jika tidak kuat dengan rasa pahit. Bisa juga dengan cara ditumis, tetapi memasaknya jangan terlalu matang karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa hilang.

Manfaat Pare untuk Program Diet

Bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, pare bisa menjadi solusi makanan sehat yang layak dikonsumsi. Pare mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga bisa menjaga perut untuk kenyang lebih lama. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, pare merupakan sayuran yang rendah kalori. Dalam satu cangkir pare hanya mengandung 16 Kalori. Kandungan airnya 90 persen dan serat 2,6 gram.

Manfaat Pare untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk program diet menurunkan berat badan dan melancarkan ASI, pare juga berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Lebih tepatnya membantu menghilangkan jerawat di wajah. Memang, jerawat ini adalah musuh bagi kecantikan, terutama mereka yang baru menginjak masa remaja (pubertas).

Selain kaya akan kandungan serat, pare juga mengandung vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor, dan beta-karoten. Beta-karoten ini selain baik untuk kesehatan mata juga dapat membantu mengatasi jerawat. Kandungan vitamin C dalam buah pare mampu menjaga kecantikan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar ulra violet (UV).

Untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, bisa dilakukan dengan cara meminum jus pare atau membuat masker dari buah pare. Ambil buah pare yang masih segar, belah dan buang bijinya. Potong menjadi beberapa bagian lalu diblender hingga halus. Peras airnya lalu diminum. Sementara ampasnya ditempelkan di wajah sebagai masker.

Manfaat pare untuk mengontrol kadar gula darah

 
Dikutip dari laman Nutrasanus.com, pare mengandung senyawa insulin dan alkaloids yang disebut Charntine. Senyawa ini bertanggung jawab untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Konsumsi pare sangat dianjurkan bagi penderita diabetes dan untuk mencegah diabetes tipe dua.

Manfaat pare untuk membuang racun dan menyehatkan liver

Pare tidak hanya mampu mengikis lemak dalam tubuh tai juga mampu mengeluarkan racun. Lemak dan racun dalam liver dibuang sehingga liver menjadi lebih sehat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat pare untuk membersihkan darah

 
Rasa pahit dalam buah pare dihasilkan oleh senyawa yang disebut cucurbitacins. Konsumsi jus pare dapat membantu membersihkan darah, mengobati gatal-gatal akibat darah kotor. Agar khasiatnya lebih terasa, konsumsi jus pare secara rutin pada pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Manfaat pare untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pankreas


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado, di Amerika Serikat, ditemukan bahwa ekstrak pare dapat membantu pankreas memblokir proses glukosa menjadi energi. Ini sangat penting mengingat sel kanker membutuhkan energi untuk berkembang.

Manfaat pare untuk mengobati asma


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts diketahui bahwa konsumsi makanan pahit seperti pare dapat merangsang indera pengecap yang berada di saluran pernapasan. Hal tersebut membuat saluran pernapasan menjadi lebih lebar sehingga aliran udara menjadi lebih baik. Maka dari itu, konsumsi pare sangat penting bagi penderita asma.


Nah di balik banyaknya manfaat, pare juga memiliki efek samping nihh . .

Pare mungkin aman dikonsumsi untuk kebanyakan orang, ketika dikonsumsi dalam jangka pendek. Keamanan penggunaan jangka panjang (di atas 3 bulan) tidak diketahui. Dan juga, belum cukup informasi tentang keamanan mengkonsumsi bagian lain dari pare. Beberapa tindakan pencegahan dan tindakan khusus untuk penggunaan sayur pare ini, termasuk untuk :

Ibu Hamil dan Menyusui
– Pare kemungkinan tidak aman ketika dikonsumsi selama kehamilan. Bahan kimia tertentu dalam daging dan biji-bijiannya dapat memulai menstruasi dan menyebabkan aborsi pada hewan. Tidak cukup diketahui tentang keamanan menggunakan pare selama menyusui. Tetap untuk sisi keamanan, lebih baik menghindari penggunaannya.

Penderita Diabetes – Pare dapat menurunkan kadar gula darah, namun hati-hati jika mengambil pare untuk menurunkan gula darah, karena menambahkan pare bisa membuat penurunan gula darah terlalu rendah. Memonitor kondisi gula darah dengan lebih hati-hati.

Akan Menjalani Operasi Bedah – Ada kekhawatiran bahwa pare bisa mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhenti mengkonsumsi pare minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

9 komentar:

  1. Nabilla2:45 AM

    Tapi kalo di makan phhiiittttt XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senyum atuh biar rasanya maniiissssss wkwkwk

      Hapus
  2. Waaahh ternyata baynk juga yah manfaat pare untuk kesehatan :D
    Belajar pahit2an hahahaha

    BalasHapus
  3. Iya emang banyak manfaatnya buah pare, kayak obat, sama2 pahit :D
    Selain di jus, di tumis juga enak tuh pare nya kk

    BalasHapus
  4. Thx info.a kk, salam pare :D

    BalasHapus
  5. Saya sering minum jus pare.. beeuuh baru membuat jusnya saja sekarang udah mual padahal awal awalnya ngga papa.pahitnyaaa

    BalasHapus
  6. Anonim11:48 AM

    Minum jus pare buat ambeien juga mantappp khasiatnya

    BalasHapus
  7. Anonim11:49 AM

    Minum jus pare buat ambeien juga mantappp khasiatnya

    BalasHapus