Home » , » 17 Manfaat TOMAT Untuk Kesehatan dan Kecantikkan

17 Manfaat TOMAT Untuk Kesehatan dan Kecantikkan

17 Manfaat TOMAT Untuk Kesehatan dan Kecantikkan
Manfaat tomat untuk kesehatan :

- Mencegah Kanker

Buah tomat mengandung antioksidan di dalamnya, yang mampu mencegah penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru.
Pernyataan tersebut merupakan simpulan hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan resiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan resiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.
Tomat sudah dikenali banyak orang sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang banyak, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Antara satu dengan yang lain bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

- Menjaga gigi dan tulang tetap sehat dan kuat.

Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

- Memperbaiki mata minus.

Tomat sudah dikenali banyak orang sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang banyak, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Antara satu dengan yang lain bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

- Mengontrol Jantung

Terdapat sekitar 235 mg kalium dalam sepotong tomat ukuran sedang. Kandungan tersebut berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara stabil. Manfaat tomat lain yang akan didapat adalah terjaga dari penyakit jantung dan stroke.

- Melancarkan Sistem Pencernaan.

Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh anda. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah merah tersebut.

- Mencegah Diabetes Secara Alami

Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh anda. 

- Melindungi Kulit Wajah

Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. 

- Menormalkan Tekanan Darah

Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium.

- Meremajakan Kulit

Keberadaan Kolagen(zat yang mendukung kulit), keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan, yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit.

- Mencegah Depresi

Selain penting bagi janin, Asam folat dalam tomat juga bisa membantu meredakan depresi dengan cara mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon ini bisa menghambat darah dan nutrisi untuk mencapai otak. Kelebihan homosistein juga akan mengganggu produksi hormon bahagia yaitu serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan juga.

17 Manfaat TOMAT Untuk Kesehatan dan Kecantikkan
Manfaat Tomat Untuk Kecantikkan :

- Membuat Kulit Putih Bercahaya

Semua wanita ingin mempunyai kulit yang sehat dan bercahaya. Barbagai perawatan dilakukan untuk memperolehnya, bahkan dengan menggunakan obat-obat kimia yang tidak jelas kandungannya. Ternyata kulit yang sehat dan bercahaya dapat diperoleh dengan sederhana jika anda rajin mengkonsumsi buah tomat. Selain alami dan tidak mengakibatkan efek samping, manfaat tomat untuk kulit yang kaya akan nutrisi ini berguna bagi kesehatan tubuh.
Kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah tomat mengandung zat antioksidan yang dapat menambah kolagen kulit dan mencegah kulit menjadi kendur. Kulit yang kencang dan bersih membuat kulit terlihat putih bercahaya.
- Mencegah Jerawat
Jerawat di wajah bisa mempengaruhi rasa percaya diri kita. Ada cara yang mudah dan aman untuk mengatasinya. Ambillah satu buah tomat, iris menjadi beberapa irisan. Tempelkan irisan tomat pada wajah dengan ditekan sedikit, agar cairannya keluar dan dapat diserap oleh kulit wajah. Diamkan sampai terasa mengering. Sesudah itu bersihkan dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali sehari secara rutin sampai jerawat hilang.
- Menghaluskan Kulit
Konsumsi buah tomat secara rutin dapat menghaluskan kulit. Selain mengkonsumsinya, kehalusan kulit dapat diperoleh dengan membuat masker dari buah tomat dan putih telur. Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air secukupnya sehingga membentuk pasta.
Oleskan masker pada seluruh bagian wajah, biarkan mongering. Bilas wajah dengan air dingin.
- Mendinginkan Kulit
Kulit yang terpapar sinar matahari dapat didinginkan dan dinetralisir dengan mengompres wajah menggunakan irisan tomat. Tempelkan irisan buah tomat pada wajah, biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.
- Melindungi Kulit dari Sinar UV
Sinar UV (Ultra Violet) dapat merusak kolagen kulit. Rusaknya kolagen dapat menyebabkan keriput pada kulit wajah. Selain pencegahan luar dengan memakai tabir surya yang dioles pada wajah, konsumsi buah tomat dapat melindungi kulit kita.
Manfaat tomat bagi kecantikan kulit ini dengan cepat membantu tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak dengan sel baru. Dengan demikian kulit tetap kencang dan terhindar dari kerutan.
- Menghilangkan Kantung Mata
Banyak hal menyebabkan timbulnya kantung mata. Kantung mata timbul akibat tekanan pada mata yang menyebabkan bagian bawah mata sedikit bengkak dan kelihatan berkantung. Adanya kantung mata membuat kita kelihatan seperti orang yang baru bangun tidur selain itu kita selalu terlihat seperti lesu dan letih.
Perawatan alami dengan buah tomat dapat menghilangkan kantung mata. Tempelkan irisan buah tomat pada mata yang lelah dan berkantung. Selain itu konsumsilah buah tomat yang segar.
- Mengatasi Kulit Berminyak
Wajah yang berminyak dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam. Dengan menggunakan masker tomat secara rutin akan mengontrol produksi minyak pada wajah

0 komentar:

Posting Komentar