Home » » Pengertian dan Contoh Hadats Besar dan Hadats Kecil

Pengertian dan Contoh Hadats Besar dan Hadats Kecil

Hadats Kecil merupakan suatu kotoran yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, dan berada pada anggota wudhu’. Hadats kecil ini tidak akan terhapus melainkan dengan mengambil wudhu’ yang benar.
Contoh hadats kecil, seperti :
- Buang Air Kecil
- Buang Air Besar
- Buang Angin
- Mengeluarkan Madzi dan Wadi
Penegasan ini disandarkan pada keterangan hadits yang menyatakan bahwa: “Karenanya harus berwudhu” dan karena kata Ibn Abbas r.a.: “Mengenai mani, itulah yang diwajibkan mandi karenanya. Adapun madzi dan wadi, hendaklah engkau basuh kemaluanmu atau sekitarnya, kemudian berwudhulah sebagai wudhumu untuk shalat.”
- Menyentuh Kemaluan
- Tidur
Telah berkata Ali r.a bahwa Rasulullah saw. Bersabda: “Kedua mata itu bagaikan tali dubur. Maka barang siapa telah tidur, berwuhulah”. (H.R. Abu Daud)

Hadats besar merupakan kotoran yang tidak dapat dilihat kasat mata, yang berada pada seluruh badan. Hadats ini tidak akan terhapus melainkan dengan melakukan mandi junub yang benar.
Contoh Hadats Besar, seperti :
- Keluar Air Mani/Sperma
- Jima'
Berdasarkan pada surat al-Maaidah ayat 6.“Dan jikalau kamu junub hendaklah bersuci”.Sesungguhnya Rasulullah saw. Bersabda: “Jika seseorang telah duduk diantara kedua tempat anggota badannya (menggaulinya) maka sesungguhnya wajiblah untuk mandi, baik mengeluarkan (mani) ataupun tidak”. (H.R. Ahmad dan Muslim).
- Haid dan Nifas

0 komentar:

Posting Komentar