Home » , » Fakta Ilmiah : Keistimewaan Air Zamzam

Fakta Ilmiah : Keistimewaan Air Zamzam

Fakta Ilmiah Keistimewaan Air Zamzam
Sering kita berpikir apa bedanya air Zamzam dengan air mineral yang biasanya. Lalu apa keistimewaan air tersebut sehingga hanya ada di tempat suci Makkah Al-Mukarromah.

Zamzam dalam bahasa Arab memiliki arti banyak atau melimpah. Lalu air Zamzam yang dimaksud oleh syari’at adalah air yang berasal dari sumur Zamzam. Berjarak sekitar 38 hasta dari Ka'bah.

Salah satu keistimewaan Air Zamzam adalah dapat menyembuhkan penyakit, jika di niatkan dengan baik.

Diriwayatkan dalam kitab Shahih Muslim bahwa Nabi bertanya kepada Abu Dzarr, yang telah tinggal selama 30 hari siang malam di sekitar Kakbah tanpa makan, selain Zamzam. “Siapa yang telah memberimu makan?”, Abu Dzarr pun menjawab “Saya tidak punya apa-apa kecuali air Zamzam ini, tapi saya bisa gemuk dengan adanya gumpalan lemak di perutku”, “Saya juga tidak merasa lelah atau lemah karena lapar, dan tak menjadi kurus”, tambah Abu Dzarr. Lalu Nabi saw menjelaskan: ”Sesungguhnya, Zamzam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi”.

Fakta Ilmiah Keistimewaan Air Zamzam
Gmabar Sumur Zamzam
Nabi saw menambahkan: “Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rasulullah saw pernah mengambil air zamzam dalam sebuah kendi dan tempat air dari kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah. Air zamzam itu digunakan Rasulullah saw untuk memerciki orang sakit dan kemudian disuruh meminumnya. Itu sebabnya saat ini banyak jamaah yang membawa air zamzam untuk diberikan kepada famili dan kerabatnya di Tanah air.

Fakta Ilmiah mengenai air Zamzam
Di sebuah hotel di kota Kualalumpur, Malaysia, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang, memaparkan hasil risetnya mengenai air yang ditulisnya dalam buku “The True Power of Water.” Sejumlah slide kristal molekul air dari berbagai sumber, seperti air dari mata air, sungai, laut, telaga dsb. ditayangkan pada kesempatan itu.

Fakta Ilmiah Keistimewaan Air Zamzam

Beberapa molekul air yang ditelitinya banyak yang berbentuk tidak beraturan, tetapi ada satu kristal air yang nampak paling indah dan cantik, berbentuk seperti bunga atau cakra, bagai bertahta berlian mutu manikam, berkilau-kilau memancarkan belasan warna. Molekul itu adalah milik air Zamzam.

Di bawah ini adalah gambar molekul atau kristal Air Zamzam, rangkaian bentuk heksagonal-nya sangat cemerlang berkilauan dan penuh memancarkan lebih dari 12 warna jika dibekukan.

Fakta Ilmiah Keistimewaan Air Zamzam | Gambar Molekul Kristal Air Zamzam

Dalam acara itu Dr. Masaru Emoto bertanya kepada para hadirin, “Molekul air apakah ini?”

Suasana mendadak senyap, semua yang hadir disana nampak terpana dan tak tahu persis kristal molekul apa gerangan. Namun tiba-tiba seorang dosen dari Universitas Malaysia mengacungkan tangan dan menjawab, “Mungkin itu adalah molekul air Zamzam.”

Dr. Masaru Emoto balik bertanya, “Mengapa Anda berpendapat bahwa itu adalah molekul air Zamzam?”

“Sebab air Zamzam adalah air yang paling mulia di dunia ini, jadi wajar kalau ia memiliki molekul berupa berlian yang berpendar indah.” Jawab sang dosen.

Ternyata dugaan dosen itu benar. Itu memang air Zamzam. Penelitian Dr. Masaru Emoto telah menunjukkan bahwa air Zamzam memiliki molekul air paling cantik dan indah di antara air lainnya.

Dr. Masaru Emoto ilmuan Jepang sejak 1994 berkesimpulan mengenai risetnya :

  • Air zamzam memiliki kemampuan penyembuhan yang luar biasa, atas izin Allah.
  • Air zamzam memiliki struktur molekul air yang unik bila dibandingkan air-air seluruh dunia. 
  • Air zamzam dalam bentuk kristal menghasilkan struktur indah heksagonal (segi enam) yang cantik, indah, bak kilau berlian yang memancarkan lebih dari 12 warna.
  • Kristal air zamzam bila diiringi hal-hal positif (doa dan bacaan al Qur’an). Tapi kristal akan pecah tak beraturan, bila diiringi hal-hal yang bersifat negatif.
  • Sifat kualitas positif molekul kristal karena pengaruh lingkungan (haji, umrah, munajat doa, dan bacaan Al-Quran) di sekitar Ka’bah tiap hari sepanjang masa.
  • Dalam bukunya The True Power of Water yang laku keras di Jepang dan Amerika tersurat bagaimana air zamzam memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa.

Laboratorium Eropa oleh Tariq Hussain, seorang insinyur kimia, Peneliti Instalasi Pemurnian Air Laut untuk diminum, Jedah, juga menyimpulkan :

  • Air zamzam melalui proses penyaringan alamiah yang sangat unik, yakni melalui bebatuan dan gurun pasir yang berlapis-lapis
  • Kandungan mineral dan elemen lainnya dengan jumlah fantastis, sekitar 2.000 miligram per liter, biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Di antaranya, sodium (250), kalsium (200), potassium (20), magnesium (50) sulfur (372), bicarbonate (366), nitrat (273), fosfat (0,25), clan ammonia (6).
  • Kadar Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding sumur lainnya, berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.
  • Kandungan zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman tubuh manusia.
  • Air Zamzam selalu bebas dari kontaminasi kuman, karena lingkungan sumur terjaga alami
  • Saat musim kemarau semua sumur di sekitar Mekah kering, tapi sumur zamzam tetap berair, sepanjang zaman dan musim. 
  • Faktanya rata-rata 50 juta liter air Zam-zam di ambil untuk jamaah haji sedunia, tidak termasuk umrah di luar bulan haji.
  • Sumber mata air sumur zamzam secara alami mengalir, tanpa bantuan mesin/sedot pensuplai air. Saat dilakukan pencarian sumber mata airnya, peneliti berkata “Alhamdulillah, Saya temukan dia! Pasir halus menari-nari di bawah telapak kakiku. Dan air itu keluar dari dasar sumur”.
  • Sumur air zamzam tak pernah ditumbuhi lumut maupun mikroorganisme, beda dengan sumur umumnya di seluruh dunia, sehingga ke-steril-an air zamzam tetap terjaga.
  • Permukaan air yang keluar dari dasar sumur sama besarnya sebelum pemompaan/pengambilan air. Dan aliran air yang keluar, besarnya sama di setiap titik, di semua area. Ini menyebabkan permukaan sumur itu relatif stabil.
  • Komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil, selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. “Rasanya” selalu terjaga, diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang tiap tahun. Tak pernah ada yang complain.
  • Air zamzam ini tak pernah dicampur bahan kimia apapun


Air Zamzam di Makkah Al-Mukarromah

“Sebaik-baik air di permukaan bumi adalah air zamzam. Padanya ada makanan yang menyegarkan dan penawar bagi segala penyakit”.

Sumber : Dakwatuna
Editor : Indahnya Berbagi 

0 komentar:

Posting Komentar